Kalau kamu aktif di dunia maya, baik itu di social media ataupun di blog, pasti kamu pernah nemuin 7 tipe internet citizen (netizen) ini. Mereka memang kebanyakan gengges, makanya kehadirannya banyak nggak disukai, bahkan membikin marah dan jengkel!

Gif via giphy.com

Gif via giphy.com

Yuk kita simak satu persatu:

1. Fake Profile

Pernah nemu yang kayak gini?

Image via www.kompasiana.com

Image via www.kompasiana.com

Jika seseorang ingin terkoneksi di social media, tentunya mereka mengharapkan bertemu dengan orang dengan identitas yang nyata. Jadi tentu saja orang yang punya akun palsu akan tidak disukai, termasuk mereka yang menggunakan identitas public figure seperti politisi atau selebriti.

2. Spammer

Mereka termasuk yang suka komen sembarangan, atau tukang jualan. Memangnya nggak ada cara lain yang lebih baik apa? Oleh karena itu, spammer termasuk yang paling dibenci di social media lho. Abisnya ngeselin sih!

Image via Kapanlagi FB

Image via Kapanlagi FB

Tak jarang mereka juga suka manipulatif dengan berusaha agar link mereka diklik. Hmmm… Lihat saja ini:

3. Plagiat

Kaum plagiat nyebelin karena mereka bisa copy paste tulisan atau status seseorang tanpa menyebut sumbernya. Ini sama saja dengan mengklaim sesuatu yang bukan dimilikinya. Lalu apa bedanya mereka dengan koruptor?

4. The PDA

PDA (Public Display of Affection), adalah perilaku yang mempertontonkan kemesraan di ruang publik termasuk di jejaring social. Pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan memang nggak baik, termasuk kalau kamu upload foto-fotomu bareng pacar dalam berbagai pose. Ingat, tingkah lakumu bisa bikin enek lho.

Image via http://jabar.tribunnews.com/

Image via http://jabar.tribunnews.com/

 

5. Suka memancing emosi

Mereka tidak disukai karena suka kebablasan, update status yang bisa membuat marah se-Indonesia Raya, seperti yang ini:

image via venombet.com

image via venombet.com

Entah mengapa, mereka suka banget komentar dengan nada yang memancing emosi, yang bahkan tak jarang berujung pada perang status atau “Twit War”. Jika social media digunakan untuk merusak perdamaian, rasanya konyol ya?

6. Alay

Yang satu ini bisa kamu ketahui dari ciri-ciri id yang dipilihnya yang bisa membuat pembaca jadi juling. Contohnya yang ini:

Image via kaskus.co.id

Image via kaskus.co.id

Memang memilih id itu hak asasi sih, tapi kepribadian seseorang akan bisa dilihat dari bagaimana ia menampilkan dirinya di depan publik. Pada umumnya, mereka yang alay memang tidak menyadari kealayannya, tapi di luar komunitasnya, kaum alay banyak dicibir lho. Jadi yang merasa alay, cepetan deh tobat. :p

7. Kuis Hunter

Para kuter kadang juga dipandang remeh lho, terutama mereka yang lalu jadi spammer, memancing emosi dan dicurigai sebagai alay. Banyaknya kuis di social media memang buka peluang buat siapa saja untuk mencari keberuntungan tapi jangan sampailah merendahkan diri sendiri dengan melakukan cara-cara yang kurang elegan.

Image via sarahj-art.tumblr.com

Image via sarahj-art.tumblr.com

Mau aktif di jejaring social tapi nggak mau dibenci? Jalan keluarnya adalah menjadi buzzer 8Share. Dengan jadi buzzer 8Share, kalian akan punya sesuatu yang menarik untuk di-share, dan bisa dibayar, persis seperti buzzers! Klik di sini untuk pendaftaran, atau install aplikasinya via android atau iOS.

Untuk mengetahui testimoni dan aktifitas pengguna 8Share Indonesia, yuk jadi fans 8Share Indonesia di Facebook dan Twitter sekarang juga!