Entah salah perhitungan keuangan atau pernah khilaf karena boros, uang bulanan udah ludes padahal tanggal gajian masih luamaa (tidaaaaak..!!) Mau nggak mau harus berhemat deh. Kali ini 8Share memberikan siasat menghemat yang bisa para penghemat terapin deh. Cekidoot~~

1. Beli makan di Warung Prasmanan yang bisa ambil nasi sepuasnya.

Image via kuliner.panduanwisata.id

 

Yap, sekarang banyak sekali warung makan yang menerapkan sistem seperti ini.  Sedikit atau banyak nasi yang diambil harganya sama. Ini dia saatnya buat para penghemat untuk mengambil nasi sebanyak-banyaknya dan lauk-pauk untuk makan seharian. Pilih lauk yang tahan lama ya, agar tidak cepat basi.

2. Masak nasi sendiri.

(hariankita.com)

Image via hariankita.com

Untuk tips yang ini diharapkan penghemat sudah punya rice cooker nih. Nasi sebagai makanan pokok orang Indonesia, ditambah semboyan”Belum kenyang kalau belum makan nasi” menjadikan nasi kudu wajib ada dan banyak porsinya. Nah kalau udah masak nasi sendiri, tinggal beli lauk-pauk yang murah meriah.

3. Membawa botol minum (tumbler) sendiri.

(twitter.com)

Image via twitter.com

Selain air putih memang harus dikonsumsi setiap hari, bawa tumbler sendiri bisa mengontrol pengeluaran buat membeli minum yang hanya karena haus – haus lucu gitu. Kadang justru minuman kemasan lebih mahal loh daripada harga makanan. Selain sehat, bawa tumbler sendiri juga terjamin higiensinya, karena kan tumblernya punya kita sendiri hehehe.

4. Puasa.

(beritasatu.com)

Image via beritasatu.com

Puasa itu bagus buat kesehata,  loh. Karena dengan puasa memberikan tubuh waktu lebih banyak untuk detoksifikasi alias melunturkan racun-racun dalam tubuh. Setelah buka puasa, tinggal makan malam yang dilengkapi dengan buah-buahan. Sudah hemat dapat pahala, juga nih.

5. Menghemat barang-barang hingga titik penghabisan.

PhotoGrid_1448960524320

Image via berbagai sumber

Mulai dari sabun mandi, sampo, odol, saus, kecap dan keperluan sehari-hari lainnya. Kalau udah tinggal sedikit, jangan dibuang gitu aja! Ada formasi “balik botol..grak” Dan untuk odol bisa di pencet-pencet sampai gepeng pakai penggaris terus dilipat sampe kecil. Jadi, nggak ada alasan buat ke supermarket sampai tanggal yang dijadwalkan.

6. Menerapkan konsep Reuse (gunakan kembali).

(silvinapple.com)

Image via silvinapple.com

Katakan tidak dulu untuk laundry deh, para penghemat kudu nyuci-nyuci lucu sendiri di rumah. Agar tak boros air nyuci pun pakai pelembut dan pembilas sekaligus tuh. Tidak hanya itu, sisa air cucican bisa buat cuci sepatu atau cuci ban motor yang kotor. Wah, ini namanya hemat sekaligus go green nih hehehe (alibi)

7. Jadi nebengers.

(www.nebengers.com)

image via nebengers.com

Masih bisa pake alibi go green nih, untuk pergi kemana-mana disaranin buat … nebeng temen! Tapi nebengnya kalo bisa searah, agar tidak merepotkan teman. Kalo doi oke kan besok-besok bisa nebeng lagi deh. (ketagihan)

8. Cari wifi gratisan.

(brilio.net)

Image via brilio.net

Nah yang satu ini sadar nggak sadar banyak ngabisin duit bulanan nih. Apalagi kalau nggak tahu cara langganan paket hemat, wah bakal sering kecolongan deh. Untungya hidup di zaman sekarang hotspot udah dimana-mana dan kirim pesan maupun telponan pun bisa pake aplikasi messenger gratis. Setelah itu jangan sia-sia kan momen berselancarmu yang gratis ini cuma buat dapet senengnya aja. Saatnya med-sos an yang bisa memberikanmu imbalan semudah bagikan status atau momen. Pengen tahu gimana caranya? Klik di sini. 

Untuk mengetahui testimoni dan aktifitas pengguna 8Share Indonesia, yuk jadi fans 8Share Indonesia di Facebook dan Twitter sekarang juga!