Banyak yang tidak percaya jika salju bisa turun di negara tropis seperti Indonesia, seperti halnya banyak yang akan tidak menyangka jika gurun pasir bisa ada di Indonesia. Tapi Indonesia adalah anomali, dan tak heran jika 5 fenomena alam seperti ini bisa ditemukan di Indonesia:

1. Danau Kaolin, Bangka Belitung.

Sekilas gambar ini menyerupai es di kutub, bahkan ada yang menyangka ini di Islandia. Tapi tahukah kamu kalau Danau Kaolin ini terletak di Desa Air Raya Tanjung Pandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung ?

Image via FB Prima H Sutiyono

Image via FB Prima H Sutiyono

Bagi yang belum tahu, Kaolin digunakan sebagai bahan baku utama atau pendukung untuk industri kertas, keramik/porselin, cat, sabun, kosmetik, pasta gigi, pupuk, dan farmasi.

Image via retnobanarti.blogspot.com

Image via retnobanarti.blogspot.com

Kaolin yang merupakan sebagian bahan baku pasta gigi saja bisa putih bersih begitu, gimana kalau berada di satu danau, ya? Danau Kaolin jadinya. Gimana ya rasanya berenang di danau ini? :)

Image via forums.klikajadeh.net

Image via forums.klikajadeh.net

2. Puncak Jayawijaya, Papua.

Ini bukan salju-saljuan lho, tapi salju beneran!

Image via http://wisataindonesia.net/

Image via http://wisataindonesia.net/

Yap, kandungan es di pegunungan ini diperkirakan mencapai 5 persen dari cadangan es dunia yang berada di luar Benua Antartika. Namun akibat pemanasan global, jumlah tersebut dari tahun ke tahun kian menyusut seperti dikutip dari unopapua.com.

Image via disewain.com

Image via disewain.com

Perlu diketahui bahwa nama “Jayawijaya” yang terkenal tersebut merupakan nama puncaknya, bukan pegunungannya. Nama pegunungan dari Puncak Jayawijaya adalah Pegunungan Sudirman.

Image  via http://www.dutcheverest.nl/

Image via http://www.dutcheverest.nl/

Selain dikenal dengan nama “Puncak Jayawijaya”, puncak tertinggi di Pegunungan Sudirman tersebut juga dikenal dengan sebutan Carstensz Pyramide atau Puncak Carstensz, mengambil nama seorang penjelajah Belanda yang berhasil menaklukkan puncak tersebut pada tahun 1623.

3. Kawah Ijen, Banyuwangi.

Warna birunya kayak api yah? Kayak yang di kompor gitu. Hmmm….

Image via http://www.techinsider.io/

Fenomena Api Biru ini beneran nyata dan bisa kamu jumpai di Kawah Ijen yang merupakan kawah dari Gunung Ijen. Kawah Ijen terletak di perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

21-13--2

Image via http://www.techinsider.io/

Sekitar tahun 2010, ada seorang peneliti dari Universitas Geneva di Swiss. Dia meneliti selama 3 hari dengan cara hanya memakai masker dan kacamata hitam, lalu tidur di bebatuan di sekitar kawah, seperti dikutip dari detik.com. Itu memang terlihat menyala seperti api namun sebenarnya “api biru” adalah gas yang keluar dari tanah bertemu dengan oksigen.

Image via http://www.techinsider.io/

Image via http://www.techinsider.io/

Bagus banget, bukan? Buat kamu yang mau ke sana disarankan untuk datang pada dini hari sampai pukul 05.00 pagi  karena pada jam segitu oksigennya sangat bagus dan api birunya terlihat sempurna.

4. Gunung Padang, Cianjur.

Eits, ini bukan gunung yang ada di Padang loh yaah.

Image via http://www.timetravelturtle.com/

Image via http://www.timetravelturtle.com/

Tapi ini merupakan Gunung Padang yang terletak di Cianjur, Jawa Barat.

Image via  Kompas.com/Fikria Hidayat-Kristianto Purnomo

Image via Kompas.com/Fikria Hidayat-Kristianto Purnomo

Gunung Padang ini memang tidak sepopuler Candi Borobudur yang ditetapkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Tapi tahukah kamu kalau situs Gunung Padang ini memiliki luas sebesar yang jauh lebih besar dan megah dibandingkan Candi Borobudur?

Image via news.liputan6.com

Image via news.liputan6.com

Tidak hanya itu, dikutip dari wisata.javaindonesiaorg, usia Gunung Padang juga diperkirakan mencapai 10.000 SM!! Bayangkan saja, waktu itu manusia purba di Eropa masih hidup di gua-gua. Kebudayaan Mesir (Piramida Giza) saja hanya berusia 3500 tahun SM. Bahkan Kebudayaan Cina dan Yunani berkisar di 2000-3000 SM. Wah, keren banget yah!

5. Gumuk Pasir, Yogyakarta.

Yang gemuk jangan sensi dulu ya, ini gumuk kok bukan gem*k. Gumuk merupakan bahasa jawa dari gundukan/tumpukan. Jadi Gumuk Pasir berarti gundukan yang terdiri dari pasir.

Image via aapgugm.org

Image via aapgugm.org

Gumuk Pasir ini terletak di Yogyakarta, lebih tepatnya di sepanjang muara Sungai Opak hingga Pantai Parangtritis. Nama lengkap Gumuk Pasir ini adalah Gumuk Pasir Parangkusumo.

Image via http://naryatours.com/

Image via http://naryatours.com/

Seperti dikutip dari wisata.javaindonesia.org, gundukan pasir yang mengumpul merupakan material yang berasal dari abu vulkanik gunung yang terbawa oleh aliran Sungai Opak, Sungai Progo dan sungai-sungai lainnya hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis. Kemudian di sini material vulkanik tersebut terombang-ambing oleh ombak hingga akhirnya terkikis dan berubah menjadi debu-debu halus yang akhirnya sampai ke tepi pantai dan dengan mudah dapat diterbangkan oleh angin. Karena proses yang secara terus-menerus tersebutlah hingga terbentuk gundukan pasir yang terkumpul di daratan sepanjang pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Image via swaragamafm.com

Image via swaragamafm.com

Wah benar-benar mencengangkan yah! Hayo dari 5 fenomena alam yang ada di negeri tercinta kita ini, sudah kah kamu mengunjungi ke salah satu atau semuanya? :D

Untuk mengetahui testimoni dan aktifitas pengguna 8Share Indonesia, ayo jadi fans 8Share Indonesia di Facebook dan Twitter sekarang juga!